Senin, 05 Juni 2023

ContohLaporan PSG/MAGANG



LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
DI “KUD MINA SANJAYA”
Jl.Raya Cerme Kidul No.168 Kec. Cerme Kab. Gresik
 

Disusun oleh :
Wulan
Diah Ayu Wulandari

SMK NU BAHRUL ULUM
MENGANTI – GRESIK
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Studi Keahlian : Keuangan
Kompetensi Keahlian : Akuntansi
Tahun Diklat 2012 – 2013

i
HALAMAN PENGESAHAN INSTANSI
LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
SMK NU BAHRUL ULUM
DI INSTANSI “ KUD MINA SANJAYA “ KABUPATEN GRESIK
Oleh :
1. WULAN
2. DIAH  AYU WULANDARI
Bidang Studi Keahlian           : BISNIS DAN MANAJEMEN
Program Studi Keahlian          : KEUANGAN
Kompetensi Keahlian              : AKUNTANSI
Disetujui dan Disahkan
Pada tanggal : ...... Februari 2013
Mengetahui,
   Pembimbing kantor,                                                                        
   Administrasi Kasir                                                               Administrasi Simpan Pinjam

    SRI MULYANI                                                                             Dra. SUPENI

PIMPINAN

SUNARDI
                                                                         ii

HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
PENDIDIKAN SISTEM GANDA
SMK NU BAHRUL ULUM
DI INSTANSI “ KUD MINA SANJAYA”
KABUPATEN GRESIK

Laporan ini kami buat guna untuk memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional SMK Tahun Diklat 2013/2014, telah disetujui oleh Guru Pembimbing dan disahkan oleh Kepala SMK NU Bahrul Ulum Menganti – Gresik :
                        Hari                :
                        Tanggal          :



                 Mengetahui,
  Kepala SMK NU Bahrul Ulum                                                     Guru Pembimbing



      M.MUJAHIDIN S.Hum                                                           KASMUNING S.Pdi





ii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkah, rahmad dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan pelaksanaan pendidikan sistem ganda di KUD “MINA SANJAYA” Gresik dengan tidak ada halangan suatu apapun dari awal hingga akhir.
Dalam dalam menyelesaikan laporan ini penyusun mendapat bantuan dari berbagai pihak, maka kesempatan yang baik penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
    1. Bapak M. Mujahidin S.Hum selaku Kepala SMK NU BAHRUL ULUM yang telah memberi izin dan waktu untuk melaksanakan pendidikan sistem ganda.
    2. Bapak Suparman Widodo ST selaku ketua panitia pelaksana PSG
    3. Ibu Kasmuning S.Pdi selaku Guru Pembimbing Sekolah.
    4. Bapak Sunardi selaku ketua KUD MINA SANJAYA
    5. Mbak Sri Mulyani dan Dra.Supeni selaku Pembimbing Kantor.
    6. Semua pihak yang telah membantu penyelesaian laporan ini.
Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih kurang sempurna, untuk itu saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak penyusun ucapkan terima kasih.
Akhirnya penyusun berharap semoga laporan pendidikan sistem ganda ini bermanfaat bagi penyusun khususnya dan bagi KUD “MINA SANJAYA” Gresik serta pembaca pada umumnya.


                                                                                                               PENYUSUN





Iv

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.....................................................................................................  i
HALAMAN PENGESAHAN INTANSI....................................................................  ii
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH..................................................................  iii
KATA PENGANTAR..................................................................................................  iv
DAFTAR ISI................................................................................................................... v
BAB I : PEDAHULUAN
A.    Latar Belakang.....................................................................................................   1
B.     Tujuan..................................................................................................................   1
C.     Sasaran.................................................................................................................   1
D.    Bidang Organisasi................................................................................................   2
E.     Bidang Usaha.......................................................................................................   3
F.      Lain-Lain..............................................................................................................   3

BAB II : BIDANG ORGANISASI
A.    Data Umum...........................................................................................................  4
B.     Pengurus................................................................................................................  4
C.     Pegawas.................................................................................................................  4
D.    Keanggotaan..........................................................................................................  4
E.     Unit Usaha.............................................................................................................  5
F.      Kegiatan.................................................................................................................  5
G.    Visi.........................................................................................................................  5
H.    Misi......................................................................................................................... 5
BAB III : BIDANG USAHA
A.    Kegiatan Usaha......................................................................................................  6
B.     Hambatan-Hambatan..............................................................................................  7
BAB IV : BIDANG KEUANGAN
A.    Laporan Sisa Hasil Usaha.......................................................................................  8
B.     Laporan Ikhtisar Perubahan Kekayaan Bersih........................................................  9

v
BAB V : IDENTIFIKASI KEGIATAN PSG
A.    Laporan Kegiatan Siswa..........................................................................................  10
BAB VI : PENUTUP
A.    Kesimpulan..............................................................................................................  11
B.     Saran........................................................................................................................  11






















vi


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

            Setiap pelaku ekonomi atau perusahaan perlu penyusunan Rencana Kerja Tahunan, agar dapat diperoleh gambaran mengenai sasaran yang ingin di capai tahun yang akan datang, serta kebijakan yang akan diambil untuk mencapai sasaran tersebut.
KUD ”MINA SANJAYA’’ Cerme menyusun Rencana Kerja Tahunan dengan mengacu pada rencana kerja jangka panjang secara garis besar yang di dalamnya mengandung rumusan berbagai kebijakan yang bersumber dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga antara lain :
a.       Berlandaskan Keputusan Rapat Pleno Pengurus
b.      Rapat kerja dengan Kelompok Anggota
c.       Usul dan saran anggota
d.      Kinerja tahun 2011
B. TUJUAN
            Tujuan penyusunan Rencana Kerja dan RAPB Tahun Buku 2012 adalah untuk memberi gambaran tentang :
a.       Kondisi KUD “MINA SANJAYA” saat ini dan perkembangan internal maupun eksternal.
b.      Gambaran mengenai sasaran KUD “MINA SANJAYA” Tahun 2012.
c.       Rumusan tentang pembinaan pada anggota, unit - unit usaha serta penyertaan pada beberapa perusahaan.




1
C. SASARAN
a.   Sasaran jangka panjang :
      Terwujudnya partisipasi dan pelayanan terhadap anggota - anggota secara maksimal serta pengamalan prinsip – prinsip koperasi secara benar misalnya :
1.      KUD Mina Sanjaya sebagai lembaga Koperasi harus memberi manfaat bagi kepentigan anggota.
2.      KUD Mina Sanjaya sebagai badan usaha harus mampu memberikan hasil yang optimal bagi lembaga.
b.   Sasaran jangka pendek :
1.      Pembinaan diprioritaskan pada program SP/USP
2.      Pengembangan usaha sendiri di perdagangan umum
3.      Pengembangan usaha kemitraan dan penyertaan
4.      Pencapaian sisa hasil usaha (SHU) sebelum pajak Rp. 54.135.000,-
c.   Sasaran lain-lain :
1.      Meningkatkan usaha-usaha baru yang bersifat uji coba dan apabila prospektif dapat dikembangkan lebih lanjut.
2.      Meningkatkan produktifitas kerja dengan upaya peningkatan kemampuan SDM, motivasi kerja, pengembangan karir baik pengurus, manager, pengawas, maupun karyawan.
3.      Mengutamakan pengalokasian tenaga managemen dan staf yang potensial di bidangnya.
4.      Meningkatkan upaya efisiensi di segala bidang.
D. BIDANG ORGANISASI
1.      Meninjau kembali job discription dan atau penyempurnaan struktual organisasi.
2.      Melakukan penajaman / mempertegas tugas dan kewenangan masing-masing.
3.      Menerapkan peraturan kedisiplinan secara konsisten guna meningkatkan kepatuhan terhadap ketentuan – ketentuan yang berlaku.
2
E. BIDANG USAHA
Setiap unit usaha harus dapat memberikan kontribusi yang optimal dengan tetap manganut prinsip-prinsip bisnis yang sehat. Untuk mencapai sasaran ini unit usaha dibagi dalam 6 (enam) unit :
1.      Penyaluran sarana produksi tani / pupuk obatan-obatan dan pakan ikan.
2.      Toko waserda.
3.      Pelayanan pembayaran rekening listrik dan telepon.
4.      Pelayanan simpan pinjam.
5.      Penanaman saham pada Bank Mitra Cemawis Mandiri.
6.      Jasa persewaan.
F. LAIN-LAIN
A.    Untuk kelancaran usaha dan kelancaran pelayanan pada anggota, sesuai dengan usulan RAT Tahun buku 2012 akan direncanakan pembagunan jangka pendek sbb :
1.      Pembuatan pagar halaman kantor KUD Mina Sanjaya Cerme.
2.      Papan Nama Kantor KUD Mina Sanjaya Cerme.
3.      Dan pembagunan yang lain dilaksanakan dengan cara bertahap disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kemampuan keuangan KUD Mina Sanjaya Cerme.
B.     Melengkapi sarana dan prasarana kebutuhan kantor.
1.      Pembelian meja kursi untuk peningkatan kerja.
2.      Computer.
Dari ke – 6 unit usaha ini bisa diharapkan untuk memberikan konstribusi optimal
hingga perkembangan KUD “ Mina Sanjaya “ Cerme nampak sesuai dengan harapan semua anggota.
   Demikian rencana kerja serta RAPB KUD “ Mina Sanjaya “ Cerme tahun buku 2011 ini disampaikan untuk dapat dipergunakan sebagai bahan pembahasan guna memperoleh masukan demi sempurnanya rencana ini,kiranya anggota kali ini dapat mengesahkan Rencana Kerja tersebut dan semoga pelaksanaannya dapat memberikan manfaat yang sebesar – besarnya bagi KUD “ Mina Sanjaya “ Cerme beserta anggotanya.
3
BAB II
BIDANG ORGANISASI
A.   DATA UMUM
        1. Data Organisasi :
            Nama : KUD “ MINA SANJAYA “ CERME
            Badan Hukum : No 4323a?BH/II/79 tgl 24 Desember 1986
            Alamat : Jalan Raya Cerme Kidul No. 168 Kec. Cerme Kab. Gresik.
B.   PENGURUS
       Pengurus KUD “MINA SANJAYA” Cerme masa bakti 2009-2014, dipilih dan di    tetapkan pada RAT Tahun Buku 2008
·         Ketua I            : Sunardi                      Alamat : Gurang Anyar
·         Ketua II          : Satibi Mukni             Alamat : Dadap Kuning
·         Seketaris I       : M. Sholeh                  Alamat : Morowudi
·         Seketaris II      : Anik Puji Prihatin     Alamat : Cagak Agung
·         Bendahara       : H. Sugeng Pamudji   Alamat : Cerme Kidul
C.   PEGAWAS        :H.M Ilham                 Alamat : Cerme Lor
                                     (Habis Masa Jabatannya)
D.   KEANGGOTAAN :
        Jumlah anggota KUD “Mina Sanjaya “ Cerme sampai dengan akhir Tahun 2011   sebanyak 1307 dengan simpanan sebagai berikut :
a.       Simpanan Pokok                     : Rp.   8.157.500,-
b.      Simpanan Wajib                      : Rp. 87.924.000,-
c.       Simpanan Sukarela                  : Rp. 12.136.820,-

4
E.   UNIT USAHA :
·         Unit Penyaluran Pupuk
·         Unit Waserda / distributor LPG
·         Unit Simpanan Pinjam I dan II
·         Unit Listrik dan Telepon
·         Unit KUT dan Kredit Tambak
·         Lain-lain
F.   KEGIATAN
       Semua kegiatan dilaksanakan sesuai dengan situasi kondisi yang sedang berjalan disesuaikan degan kemampuan keuangan KUD, berpedoman pada Rencana Kerja dan Rencana Pendapatan dan Belanja KUD “ Mina Sanjaya “ Cerme Tahun 2011.
G.   VISI :
      Menjadi KUD “ Mina Sanjaya “ Cerme sebagai badan usaha yang kuat, handal dan propesional yang di dukung para anggota guna meningkatkan taraf hidup anggota melalui kehidupan berkoperasi.
H.   MISI :
1.      Mengembangkan usaha-usaha yang berorientasi pada kebutuhan anggota dan masyarakat.
2.      Membangun jasa simpan pinjam dan jasa-jasa lain yang diperlukan anggota dan masyarakat.
3.      Mengembangkan pembinaan kelembagaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara kegiatan pendidikan.





5
BAB III
BIDANG USAHA
I.    KEGIATAN USAHA
1.      Penyaluran Pupuk bersubsidi, KUD sebagai kios resmi hanya bisa menyalurkan pupuk ke 2 (dua) Desa (Desa Betiting dan Cerme Kidul) untuk sektor pertanian dan perikanan, adapun dari 2(dua) desa tersebut diatas yang aktif  nebus pupuk ke KUD hanya Desa Cerme kidul.
2.      Waserda KUD “MINA SANJAYA” berusaha untuk meningkatkan dan menambah kebutuhan pasar yang diminati oleh konsumem utamanya penjualan Saprotan, distributor LPG, Air Mineral dan kebutuhan lainnya
3.      Pelayanan pembayaran Rekening Listrik dan Telepon, dengan cara meningkatkan pelayanan dan merekrut para kolektor listrik yang ada di Desa untuk berkerjasama dengan KUD. Adapun pelayanan rata-rata perbulan 6.319 lembar dengan penghasilan bersih perbulan 5.550.000
4.      Menambah modal Simpan Pinjam (SP) dan megadakan penagihan kredit macet. Adapun pelayanan SP dalam satu tahun 47 orang dengan jumlah piutang sebesar Rp. 78.800.000,-.
5.      Pelayanan Kredit Petani Tambak, sumber dana bantuan dari Pemerintah pusat ( dana perkuatan ) sebesar Rp. 300.000.000 ( tiga ratus juta rupiah ), dana tersebut diperuntukkan kredit petani tambak budidaya ikan bandeng dan udang fanami, dengan cara tanggung renteng yang dikoordinir oleh masing-masing pengurus kelompok anggota , sebanyak 12 kelompok anggota sebagai berikut :
-Desa Banjarsari I                               -Desa Jono
-Desa Banjarsari II                              -Desa Semampir
-Desa Padeg                                        -Desa Cagak Agung
-Desa Wedani                                     -Desa Guranganyar
-Desa Gedangkulut                             -Desa Lengkong
-Desa Cerme Lor                                 -Desa Iker-Iker Geger
6
II.  HAMBATAN-HAMBATAN
1.      Realisasi penebusan pupuk oleh kelompok tani dari 2 (dua) Desa ( Desa Betiting dan Cerme kidul) berkurang tidak sesuai target ( RDKK) karena petani lebih cenderung membeli pupuk dikios atau pengecer lain ( terutama Desa Betiting untuk MT tahun 2011 tidak ada penebusan sama sekali), sehingga omset dari penyaluran pupuk menurun.
2.      Penurunan nasabah Unit Simpan Pinjam (USP) karena banyak persaingan pelaku kredit ( BUMN ,BUMDes dan KSP swasta).
3.      Masih banyak kredit / piutang macet yang sulit ditagih tanpa anggunan.
4.      Kredit macet untuk budidaya ikan bandeng dan udang fanami.
5.      Pelayanan pembayaran rekening listrik setiap bulan terdapat penurunan karena program PPOB.













7
BAB IV
BIDANG KEUANGAN
            Rincian laporan keuangan dilaporkan dalam bentuk Neraca Tahun Buku 2011 dan perhitungan sisa hasil usaha ( SHU ) sebagaimana terlampir dalam laporan ini.
A.LAPORAN SISA HASIL USAHA
NO PERK
NAMA PERKIRAAN
DESEMBER 2011
DESEMBER 2010
I
PENJUALAN BARANG



1.Penjualan Barang
247.780.000,00
247.019.000,00

2.Pendapatan
235.156.463,00
240.824.108,00





Jumlah Penjualan & Pendapatan
482.936.463,00
487.843.108,00




II
HARGA POKOK PENJUALAN



1.Harga Pokok Penjualan
242.618.400,00
242.994.061,00





Hasil Usaha Kotor
240.318.063,00
244.849.047,00




III
BEBAN USAHA LAINNYA



1.Beban Operasional
38.356.550,00
35.635.600,00

2.Beban Umum & Administrasi
148.305.265,00
151.938.861,00





Jumlah Beban Usaha
186.661.815,00
187.574.461,00





Laba Setelah Beban Usaha
53.656.248,00
57.274.586,00




IV
PENDAPATAN & BEBAN LAINNYA



1.Pendapatan Lain
0
0

2.Beban Lain
2.847.464,00
16.044.930,35






2.847.464,00
16.044.930,35




V
SHU Sebelum Pajak
50.808.784,00
41.229.655,35





Taksiran Pajak
6.351.098,00
5.153.706,00













SHU
44.457.686,00
36.075.949
8
B.LAPORAN IKHTISAR PERUBAHAN KEKAYAAN BERSIH
NO
KETERANGAN
JUMLAH



I
SALDO AWAL KEKAYAAN BERSIH
  Rp.       398.677,05



II
PENAMBAHAN


1.Simpanan Pokok                Rp.              70.000,00


2.Cadangan Dana-Dana       Rp.                       0,00


3.Cadangan Koperasi           Rp.           9.018.987,81


4.SHU Tahun Berjalan         Rp.         44.457.686,00





JUMLAH PENAMBAHAN
  Rp.   53.546.673,81



III
PENGURANGAN


1. Pembagian SHU                Rp.       36.075.949,65


2. Cadangan Dana-Dana       Rp.                       0,00


3. Cadangan Koperasi           Rp.                       0,00





JUMLAH PENGURANGAN
  Rp.   36.075.949,65



IV
SALDO AKHIR KEKAYAAN BERSIH
 Rp. 431.300.400,81








9
BAB V
IDENTIFIKASI KEGIATAN PSG
            Selama melaksanakan pendidikan sistem ganda (PSG). Pada instansi KUD MINA SANJAYA Cerme, saya diajarkan dan diperbantukan di bidang pembukuan pada administrasi keuangan.Adapun kegiatan yang saya lakukan di instansi KUD Mina Sanjaya Cerme adalah sebagai berikut :
1.      Isi absen
            Setiap pagi siswa psg harus melaksanakan absen dari kantor.
2.      Entry jurnal umum
            Digunakan untuk mecatat mutasi penjualan dan mutasi pendapatan.
3.      Menjumlah laporan laba rugi.
4.      Menjumlah laporan neraca.
5.      Menjumlah kas masuk dan kas keluar.
6.      Foto copy.
7.      Memindahkan kas kasir ke dalam kas kas masuk dan kas keluar.
8.      Menjumlah buku simpan pinjam.
9.      Menulis slip penyetoran.
10.  Menulis rekening listrik.
11.  Melakukan pegecekan kartu simpan pinjam.
12.  Menyapu ruangan.
13.  Penyetoran uang ke bank.
14.  Melakukan Rekapitulasi kas masuk dan kas keluar
15.  Menghitung bunga simpan pinjam dan kasir







10
BAB VI
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Setelah penulis melaksanakan pendidikan sistem ganda (PSG) dari tanggal 3 September 2012 di KUD “MINA SANJAYA” Gresik, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      KUD MINA SANJAYA merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat terutama para petani di daerah pedesaan secara lebih merata dan lebih adil sesuai dengan cita-cita nasional yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alenia 4 dan di kukuhkannya inpres No 12 Tahun 1978
2.      KUD MINA SANJAYA memiliki beberapa unit kegiatannya untuk meningkatkan tarap hidup anggota khususnya dan juga mesyarakat pada umumnya
3.      Dengan adanya unit usaha simpan pinjam yang disediakan KUD MINA SANJAYA mampu menanggulangi rentenir yang ada diwilayah tersebut
4.      Dengan kegiatannya mampu membina, mendorong, serta mengembangkan potensi para anggota masyarakat di daerah kerjanya agar dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
B.     SARAN-SARAN
  1. Saran Kepada KUD MINA SANJAYA
    1. Hendaknya kreatifitas kerja karyawan maupun karyawati perlu ditingkatkan
    2. Untuk menambah pendapatan KUD, perlu diadakan penambahan Volume usaha
    3. Kedisiplinan dan peraturan di KUD MINA SANJAYA perlu ditingkatkan

  1. Saran untuk Sekolah dan Siswa
    1. Bagi seluruh siswa dapat meningkatkan pelajaran mengenai akuntansi
    2. Kedisiplinan perlu ditingkatkan
    3. Bagi bapak dan ibu guru SMK NU BAHRUL ULUM dapat lebih meningkatkan untuk memberikan pelajaran akuntansi kepada para siswa.
10
IDENTITAS SISWA

1.      Nama Siswa                            : WULAN
2.      Tempat ,tanggal lahir              : Gresik, 28 November 1995
3.      Jenis Kelamin                          : Perempuan
4.      Agama                                     : Islam
5.      Sekolah                                   : SMK NU BAHRUL ULUM
6.      Program/komp.Keahlian         : Bisnis dan Manajemen/Akuntansi
7.      Nomor Induk                          : 091 / 067 / 119
8.      Alamat Sekolah                       : JL. Raya Pelemwatu No. 09
  Menganti – Gresik
  Telp. (031) 799091
9.      Alamat Siswa                          : Pelemwatu Menganti Gresik
  Telp. –
10.  Guru Pembimbing                   : Kasmuning S.Pdi

Gresik,.........................................2013

FOTO
3x4
 






                                                                                                                       WULAN








IDENTITAS SISWA

1.      Nama Siswa                            : DIAH AYU WULANDARI
2.      Tempat ,tanggal lahir              : Nganjuk, 16 Desember 1996
3.      Jenis Kelamin                          : Perempuan
4.      Agama                                     : Islam
5.      Sekolah                                   : SMK NU BAHRUL ULUM
6.      Program/komp.Keahlian         : Bisnis dan Manajemen/Akuntansi
7.      Nomor Induk                          : 095 / 071 / 119
8.      Alamat Sekolah                       : JL. Raya Pelemwatu No. 09
  Menganti – Gresik
  Telp. (031) 799091
9.      Alamat Siswa                          : Gempol Kurung Menganti Gresik
  Telp. –
10.  Guru Pembimbing                   : Kasmuning S.Pdi

Gresik,.........................................2013

FOTO
3x4
 






                                                                                                    DIAH AYU WULANDARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar